Tahun 2021, 15 Tower BTS Bantuan Kominfo Telah Rampung Dibangun di Touna

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Touna, Drs. Aston A. Madilau, M.Si.
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Touna, Drs. Aston A. Madilau, M.Si.

TOUNA – Sebanyak 15 Tower Base Transceiver Station (BTS) dari 69 Tower BTS bantuan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sudah selesai dibangun di Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) pada Tahun 2021 kemarin.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Touna, Drs. Aston A. Madilau, M.Si kepada media ini, Senin (03/01/2022).

Aston mengatakan, untuk sisanya sesuai dengan limit waktu yang ditentukan sampai dengan April 2022 akan selesai semuanya dibangun.

“Saat ini, tanah hiba yang diberikan oleh Pemda, Kelurahan dan Desa semuanya sudah masuk, namun dari i 69 tower itu, hanya tinggal 1 lokasi yaitu Desa Pulau Tiga,” kata Aston.

Namun kata Aston, mudah-mudahan dalam waktu dekat, pihak Desa bisa menyiapkan, apabilah itu tidak disediakan maka untuk pembangunan tower di Pulau Tiga mungkin kita akan tunda atau digantikan dengan Desa lain.

“Untuk saat ini, kami masih menunggu proses penerbitan IMB dilokasi proyek Tower. Jadi, berkas yang sudah diterima Dinas Kominfo berupa dokumen penerbitan IMB sudah 25 dokumen, masih tersisa 44 dokumen IMB,” jelasnya.

Untuk terkait dokumen IMB tersebut, tambah Aston, pihaknya sudah koordinasikan dengan Dinas PUPR dan Perizinan. Nah kalau ini yang sudah masuk mungkin dengan jangka waktu April itu akan terbangun semua.

“Mudah-mudahan sesuai dengan kesepakatan kita bersama bahwa IMB kami harapkan secepatnya akan terbit,” tambahnya.

Aston berharap, setelah berdirinya BTS disemua kawasan di Touna, didarat maupun kepulauan, dapat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat. Hal ini, sangat berkaitan dengan informasi pembangunan daerah, khususnya yang berada di wilayah 3T, Tertinggal, Terpencil dan Terdepan.

“Terkait operasional tower itu sudah di uji coba, dan hasilnya dari 14 tower jaringan telkomsel 4G yang telah berdiri itu jaringannya sudah bagus dapat dimanfaatkan,” harapnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.