Lima Warga Penjual Miras Tanpa Izin di Luwuk Jalani Sidang Tipiring

Lima warga di Luwuk, Kabupaten Banggai menjalani sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Luwuk, Jumat (422022).
Lima warga di Luwuk, Kabupaten Banggai menjalani sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Luwuk.

BANGGAI – Lima warga di Luwuk, Kabupaten Banggai menjalani sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Luwuk, Jumat (4/2/2022). Kelima warga ini menjalani sidang Tipiring lantaran tertangkap aparat Polsek Luwuk mengedarkan ata pun menjual minuman keras (miras) tanpa izin.

Dalam sidang tersebut kelima terdakwa ini dinyatakan bersalah oleh hakim karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banggai nomor 9 tahun 2011 pasal 40 ayat 1, pasal 20, pasal 22 dan pasal 23 tentang larangan membuat, menyimpan, menyalurkan, mengedarkan dan menyalurkan minuman beralkohol jenis cap tikus.

“Putusan hakim adalah dengan membayar denda, masing-masing terdakwa putusan dendanya berbeda paling rendah Rp 300 ribu dan tertinggi Rp. 1 juta,” ungkap Kapolsek Luwuk AKP Candra SH MH, saat dikonfirmasi awak media.

Hakim memberikan putusan lebih ringan lantaran mengingat para terdakwa belum pernah dihukum sebelumnya dalam perkara yang sama dan masih dalam pemberlakukan PPKM di masa Pandemi Covid-19.

“Para terdakwa juga berjanji untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya di keudian hari,” kata AKP Candra.

Perwira berpangkat tiga balak ini menyatakan, pihaknya tidak main-main dalam memberantasa peredaran miras sesuai dengan komitmen Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama SH, SIK, MH tidak ada ruang bagi miras tanpa izin.

“Sidang tipiring ini juga untuk memberikan efek jera kepada para pelaku penjual miras tanpa izin,” terang Kapolsek.

Untuk itu, tambah AKP Candra, pihaknya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak mencoba menjual miras di wilayah hukum Polsek Luwuk.

“Jika imbauan ini tidak dipatuhi, maka pasti akan kami tindak tegas,” tandas AKP Candra.(Humas Polres Banggai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.