Asisten II Setdakab Touna Resmikan Rehabilitasi Anak Berkebutuhan Khusus “Aril Julian alias Tedo”

Asisten II Setdakab Touna Resmikan Rehabilitasi Anak Berkebutuhan Khusus “Aril Julian alias Tedo”
Asisten II Setdakab Touna Resmikan Rehabilitasi Anak Berkebutuhan Khusus “Aril Julian alias Tedo”

INFO TOUNA – Bupati Tojo Una-Una (Touna) yang di wakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Touna, Nawatsara Panjili, SE, M.Si meresmikan Tempat Rehabilitasi Anak Berkebutuhan Khusus “Aril Julian alias Tedo” di Desa Uebone RT. 7, Kecamatan Ratolindo, Jumat (11/03/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Sosial Touna, Sutrisno S.Sos., M.Si, Kepala Badan Pendapatan Daerah Touna, Drs. Abd. Agfar Patanga, MH, Sekretaris Dinas Sosial Touna, Hasbullah DM, S.Sos, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Touna, Mohammad Askari, S.Sos, Camat Ratolind, Miknaf Hedar, S.Sos, Forkopimda Touna serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Touna, Sutrisno Lasawedi menyampaikan sesuai amanat Undang-Undang Dasar 45 Pasal 34 Fakir Miskin dan Anak-Anak Terlantar di Pelihara oleh Negara.

“Berdasarkan hal tersebut maka selaku Kepala Dinas Sosial, Saya langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk meminta Pesikologis untuk menangani langkah-langkah kongkrit untuk Aril Julian alias Tedo,” ucap Sutrisno.

Sutrisno mengungkapkan, dari informasi bahwa sebelumnya anak (Tedo) ini telah di kirim ke Mamboro tapi tidak tuntas.

“Maka dari tim Pesikologis menyarankan kepada saya agar dibuatkan rumah layak huni yang baik, Asupan Gizi yang cukup serta menyewa Petugas Kesehatan untuk mengontrol serta memberikan obat yang sesuai yang telah di anjurkan kepada anak ini,” ungkapnya.

Dikatakannya, beberapa bulan kemarin berdasarkan Launching dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Sulawesi Tengah yang telah menunjuk Kabupaten Touna untuk menjadi Kabupaten Layak Anak pada Tahun 2024.

“Maka dari itu inilah salah satu kontribusi dari Dinas Sosial Kabupaten Tojo Una-Una untuk berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Touna,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Touna Nawatsara Panjili menyampaikan selaku perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Touna sangat mendukung dengan apa yang telah di lakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Touna dengan di buatkan rumah layak huni yang baik, Asupan Gizi yang cukup serta menyewa petugas kesehatan untuk mengontrol serta memberikan obat yang sesuai.

“Berdasarkan konteks Psikiater bahwa apakah Secara Psikologis Kediaman yang telah di bangun sebagai Rumah Layak huni ini sudah bersyarat atau belum. Kalaupun belum nanti kita akan lengkapi kembali apa saja yang akan di butuhkan serta asupan Gizinya terus di berikan,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, bahwa dalam konteks keilmuan kita akan liat bagaimana perkembangan anak ini (Tedo) setelah beberapa bulan kedepan.

“Agar supaya kami dari Pemerintah Daerah tau perkembangan nya dan hal-hal apa lagi yang akan kita lakukan selanjutnya sampai Insya Allah Anakda (Tedo) bisa sembuh,” katanya.(yya/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.