DPRD Touna Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati dan Penetapan 2 Rancangan Perda Usul DPRD

DPRD Touna Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati dan Penetapan 2 Rancangan Perda Usul DPRD
DPRD Touna Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati dan Penetapan 2 Rancangan Perda Usul DPRD.

TOUNA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Touna  gelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Touna akhir tahun anggaran 2021 dan penetapan 2 rancangan peraturan daerah usul DPRD Kabupaten Touna, Selasa (22/03/2022).

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Touna, Gusnar A Suleman, SE, MM., didampingi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Touna, Salim Makaruru, SS. Kegiatan Paripurna ini dihadiri 19 Anggota dari 25 anggota di DPRD Kabupaten Tounai, dan telah dinyatakan memenuhi memenuhi quorum.

Juga hadir Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH, Penjabat Sekertaris Daerah Kabupaten Touna, Drs. Syarif Lasawesi, M.AP, Sekertaris DPRD Touna, Surya, S.Sos, M.Si, Unsur Muspida Kabupaten Touna, Pejabat Eselon II dan Eselon III Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Touna, wartawan media cetak dan elektronik serta tamu undangan lainnya.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Touna, Gusnar A Suleman saat membuka rapat paripurna menyampaikan sesuai laporan sekertaris DPRD, dari 25 anggota DPRD Kabupaten Tojo Una una, yang menandatangani daftar hadir sejumlah 19 orang, dengan demikian sesuai pasal 131 ayat (1) huruf B peraturan tata tertib DPRD Kabupaten Touna, telah memenuhi Kourum.

“Berdasarkan ketentuan pasal 1 angka 2  peraturan Komisi pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, ditegaskan bahwa laporan keterangan pertanggungjawaban yang selanjutnya disingkat LKPJ adalah laporan yang disampaikan oleh pemerintah daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah selama 1 tahun anggaran,” kata Gusnar.

Gusnar mengatakan, hal -hal yang wajib diperhatikan dalam penyampaian LKPJ selain materi yang wajib diatur dalam LKPJ, yaitu LKPJ disusun berdasarkan format yang ditetapkan oleh peraturan menteri dalam negeri nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

LKPJ disusun berdasarkan pelaksanaan program dan kegiatan yang ditetapkan dalam dokumen perencanaan dan anggaran dan tahunan, dan Jangka waktu penyampaian LKPJ oleh Bupati Tojo Una una kepada DPRD disampaikan pada rapat paripurna yang dilakukan satu kali dalam 1 tahun, paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Terhitung saat disampaikan LKPJ, paling lambat 30 hari DPRD harus melakukan pembahasan LKPJ dengan memperhatikan 2 hal yaitu Capaian kinerja program kegiatan, dan Pelaksanaan peraturan daerah dan/atau peraturan kepala daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan daerah,” jelasnya.

Selanjutnya, Keputusan DPRD Kabupaten Touna nomor 2 tahun 2022 tentang persetujuan DPRD terhadap rancangan peraturan daerah usul DPRD Kabupaten Touna ditetapkan di Ampana pada tanggal 22 maret 2022. Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tojo Una una Gusnar A. Suleman, SE,. MM.

Adapun 2 rancangan peraturan daerah usul DPRD Kabupaten Tojo Una una yang ditetapkan yaitu pertama Rancangan peraturan daerah tentang penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima, dan kedua Rancangan peraturan daerah tentang tata cara pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Laporan keterangan pertanggungjawaban akhir tahun anggaran 2021, dan penyerahan dokumen laporan keterangan pertanggungjawaban akhir tahun 2021, Maka LKPJ Bupati Toun akhir tahun anggaran 2021 akan dibahas oleh DPRD yang selanjutnya hasil pembahasan akan dibuatkan dalam bentuk rekomendasi yang berisikan catatan – catatan untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dituangkan dalam keputusan DPRD dalam rapat paripurna selanjutnya.(yya/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.