Jelang Ramadhan, Pemkab Touna Bersama Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi

TOUNA – Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) bersama Forkopimda Kabupaten Touna menggelar Rapat Kordinasi tahun 2022 membahas tiga agenda yaitu percepatan Vaksinasi Covid-19 dosis 2 dan boster, kesiapan sembako jelang Bulan Suci Ramadhan, serta situasi Kamtibmas jelang Bulan Suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kamis (31/3/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Auditorium Kantor Bupati Touna ini dibuka oleh Wakil Bupati Touna, Ilham Lawidu, SH, serta dihadiri Ketua DPRD Touna, Dr. Mahmud Lahay, SE, M.Si, Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy, SIK, MIK, Perwakilan Kajari Touna, Pabung 1307/Poso di Ampana, Penjabat Daerah Kabupaten Touna, Drs. Syarif, M.Ap, Wakil Ketua DPRD Touna, Gusnar A. Suleman, SE, MM, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Touna, Para Camat, Kapolsek, Danramil, Lurah dan Kades se-Kabupaten Touna.

Wabup Touna, Ilham dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai forum silaturahmi sekaligus membahas beberapa agenda dan isu-isu strategis yang terjadi di wilayah Kabupaten Touna.

“Output dari pertemuan ini, diharapkan dapat memcahkan permasalahan yang telah dan sedang terjadi di kabupaten Touna,” ucap Wabup.

Oleh dan sebab itu, kata Wabup, perlu adanya peran serta seluruh elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh wanita, ormas dan LSM, serta mengoptimalkan forum-forum strategis kemitraan masyarakat di daerah dalam rangka mengatisipasi potensi konflik masyarakat.

“Adanya tingkat kepekaan sosial melalui upaya giat deteksi dini, antisipasi dini dan cegah dini serta melaksanakan kordinasi yang intensif, antara pemerintah daerah dengan aparat keamanan guna mencegah terjadinya konflik, dimana beberapa permasalahan tersebut tentu akan kita bahas dan ditindaklajuti bersama-sama,” kata Wabup.

Wabup mengajak kepada peserta untuk mengikuti rapat koordianasi ini dengan serius dan sungguh-sungguh, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama, untuk mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan aktual yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, yang menimbulkan keresahan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini juga akan kita bahas bersama-sama antara lain percepatan Vaksinasi Covid-19 dosis 2 dan boster, kesiapan sembako jelang Bulan Suci Ramadhan, serta situasi Kamtibmas jelang Bulan Suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah,” ujarnya.

“Kesemua ini memerlukan penanganan yang serius, serta subangsi saran dan masukan kepada kita semua, sehingga berbagai permasalahan tersebut dapat kita atasi bersama-sama, agar tercipta stabilitas keamanan masyarakat di Kabupaten Touna.

Usai kegiatan, Kapolres Touna, AKBP Riski Fara Sandhy menyampaikan kegiatan vaksinasi kepada masyarakat umum terus gencar dilaksanakan oleh jajarannya baik untuk pemberian vaksin pertama, kedua maupun ketiga atau Booster.

“Vaksinasi lansia dan anak-anak terus dilakukan, kita berupaya agar vaksin dapat tersalurkan secara menyeluruh kepada warga masyarakat di Kabupaten Touna, sehingga dengan percepatan vaksinasi ini masyarakat dapat terhindar dari penyebaran Covid-19 khususnya varian baru Omicron,” ujar AKBP Riski.

Riski mengungkapkan, sebagaimana penyampaian dari Kementrian Kesehatan bahwa yang akan rawan, tidak tertolong atau penanganannya berat adalah orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit, lansia dan orang yang belum di vaksin sama sekali.

“Jadi selain,  terkait percepatan Vaksinasi Dosis 2 dan Boster, kami juga memaparkan perkembangan Kamtibmas di wilayah Kabupaten Touna, daerah rawan kecelakaan serta bencana alam dan longsor,” tutup Kapolres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.