Puncak Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, Lapas Ikuti Upacara Secara Virtual

TOUNA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ampana, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah (Sulteng) Ikuti upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58 tahun 2022 secara virtual dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terpusat dari Graha Pengayoman Kemenkumham RI, Rabu (27/4/2022).

Upacara virtual ini di pimpin langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasona H Laoly Sebagai Pembina Upacara yang juga di hadiri Pak Wakil Menteri beserta jajaran Kementerian Hukum dan HAM RI juga Seluruh kantor wilayah dan Unit Pelayanan Tekhnis di seluruh Indonesia.

Sementara di Aula Pertemuan Lapas Ampana upacara diikuti oleh Kepala Lapas Kelas IIB Ampana Gunawan, A.Md. I.P, S.Sos, M.Si, para Pejabat Struktural dan Pegawai Lapas Kelas IIB Ampana.

Dalam sambutannya Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly menyampaikan bahwa di usia 58 tahun ini Pemasyarakatan harus lebih “CERMAT”, Cerdas membuat strategi, Evaluasi setiap kondisi dan kejadian, Rasional dalam pengambilan kebijakan, Mitigasi resiko, Akuntabel dan berintegritas, serta Transparan dan aspiratif melayani.

“Saya paham, tidak mudah mengimplementasikan itu ke 682 satuan kerja. Jadikan sebagai tantangan, dan dengan komitmen yang kuat, saya yakin kita mampu menyelesaikan tantangan itu dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat, bangsa, dan negara” tuturnya.

Lebih lanjut, Menkumham meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, khususnya jajaran Pemasyarakatan, mempunyai komitmen yang kuat untuk bersama-sama memberikan kontribusi positif terhadap
kemajuan Indonesia melalui pembangunan di bidang Hukum dan HAM.

“Pemasyarakatan sebagai bagian dari “criminal justice system” diharapkan mampu menjadi muara akhir dari penanganan pelaku kejahatan, mulai dari perlindungan HAMnya sampai dengan pengelolaan barang sitaannya” tambah Yasonna.

Di akhir sambutannya, beliau menyampaikan “PEMASYARAKATAN PASTI BerAKHLAK MEWUJUDKAN INDONESIA MAJU”, harus sama-sama diwujudkan melalui karya nyata sehingga mampu menjawab tantangan dan menyelesaikan persoalan Pemasyarakatan secara paripurna

Usai kegiata, Kalapas Kelas IIB Ampana Gunawan mengatakan, hari ini merupakan acara puncak memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju”, yang diharapkan dapat meningkatkan komitmen jajaran pemasyarakatan dalam mencapai tujuan pemasyarakatan.

“Alhamdulillah hari ini memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022 Ucap rasa syukur sebesar-besarnya ” kata Gunawan.

Dia berharap semua jajaran Lapas Ampana merespon tagline yang menjadi dasar instruksi Menkumham untuk UPT pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia.

“Ini merupakan strategi kebijakan terbaik yang telah di bahas di tatanan Atas dan pastinya akan berdampak baik untuk Pemasyarakatan,” pungkasnya.

Sumber: Humas Lapas Ampana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.