Buka Pagelaran Pentas Seni dan Budaya Touna, Ini Pesan Asisten I Setdakab Touna

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Touna, Alfian Matajeng, S.Pd., M.Ap membuka secara resmi Pagelaran Pentas Seni dan Budaya Touna 2022.

TOUNA – Bupati Touna, Mohammad Lahay, SE, MM diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Touna, Alfian Matajeng, S.Pd., M.Ap membuka secara resmi pagelaran pentas seni dan budaya Touna 2022 yang diselenggarakan oleh Sanggar Seni Dego-dego Permata bekerjasama dengam Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Touna, Sabtu (21/05/2022) di halaman Kantor Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Touna.

Hadir dalam kegiatan ini, Bupati Touna, Mohammad Lahay, SE.MM, Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Touna, Muhamad Arsyad, SE, M.Si, Pimpinan Sanggar seni Dego-dego Permata Ir. Munawar Mapu, M.Si, dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Alfian menyampaikan,  kegiatan pentas seni dan budaya ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kita dalam upaya menggali, menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya yang hidup dan berkembang didalam kehidupan masyarakat.

“Langkah ini perlu dilakukan agar nilai-nilai budaya positif yang telah diwariskan oleh para leluhur kita tidak luntur dan hilang oleh pengaruh negatif sehingga dapat menyebabkan kita menghilangkan jati diri. Kita selaku pemegang tongkat estafet terhadap amanah generasi terdahulu agar meneruskan kepada generasi kini dan masa datang,” ucapnya.

Alfian mengatakan, untuk dapat melestarikan budaya tradisional daerah ini, sangat diperlukan peran seluruh stakeholder tanpa terkecuali masyarakat, sehingga eksistensi budaya khas Kabupaten Touna dapat terus terjaga.

“Kita sebagai warga Kabupaten Touna kita patut bersyukur kepada Allah SWT, karena dengan kemajemukan penduduknya, membuat daerah ini menyimpan potensi budaya multi etnis, yang apabila mampu dikemas dengan baik akan menjadi asset yang bernilai harganya,” katanya.

Dia berharap kegiatan seperti ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial saja, tetapi bisa menumbuhkan rasa cinta kita terhadap seni dan budaya untuk menciptakan inovasi-inovasi yang dapat memajukan kebudayaan di daerah yang kita cinta ini.

“Pentas seni dan budaya yang di gelar malam ini, juga diharapkan dapat menjadikan pemicu dan pemacu semangat kita semua untuk bisa menumbuh kembangkan kembali seni dan budaya touna yang selama ini terkesan mulai tergerus oleh perkembangan zaman,” pesannya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Alfian juga berpesan agar kegiatan pentas senin dan budaya ini agar sering digelar oleh sanggar seni budaya, sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik wisata berbasi budaya etnis untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Touna (Branding dan Paket Wisata).

“Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan,” tutupnya.(yya/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.