Polres Touna Gelar Latihan Dalmas dan Negosiator Polwan

Polres Touna Gelar Latihan Dalmas dan Negosiator Polwan.

TOUNA – Sebagai upaya peningkatan kemampuan anggota dalam penanganan unjuk rasa, Polres Touna Jajaran Polda Sulteng melaksanakan latihan Pengandalian Massa (Dalmas) dan Latkatpuan Polwan (Dalmas dan Negosiator), Rabu (3/8/2022) di lapangan apel Mapolres Touna

Kegiatan ini dipimpin oleh Kabag Sumda Polres Touna, Kompol Gaspar Nusa, S.H. dan Instruktur Dalmas dan Negosiator yaitu Kasat Samapta AKP Kukuh. Edy Purwanto, Kanit Dalmas Aipda Suwandi, Kasubnit Dalmas Aipda Hori Lalona dan Ps. Paurdalpers Bripka Muh. Ashri M. A. R.

Latihan Dalmas dan Negosiator diikuti sebanyak 16 Personel Bintara yang baru melaksanakan tugas di Polres Touna dan 5 personel Polwan.

Adapun jenis latihan yakni Latihan Negosiator dengan himbauan menggunakan pengeras suara, Dalmas awal tangan kosong, Dalmas awal menggunakan tali dan Dalmas lanjutan menggunakan alat tameng dan tongkat.

Kabag Sumda Polres Touna, Kompol Gaspar Nusa mengatakan, kegiatan ini guna mengasah kemampuan dalam pengendalian massa, dan menambah kemahiran dalam melaksanakan tugas Polri dalam peran fungsi dalmas.

“Latihan ini rutin dilaksanakan, guna membiasakan personel dengan protap yang benar, sehingga mampu dan terbiasa serta dapat tampil profesional menghadapi massa,” kata Kompol Gaspar Nuasa.

Lanjut kata Kabag Sumda diharapkan dengan latihan yang rutin akan terbentuk disiplin dan profesionalitas Personil polres lingga dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian kedepan.

“Sudah menjadi tugas personel Kepolisian untuk terus siap siaga untuk mengatasi segala bentuk kerawanan gangguan kamtibmas, yang mana salah satu nya adalah dengan rutin melaksanakan pelatihan kemampuan seperti ini,” ujarnya.

“Jadi Pengendalian Massa (Dalmas) adalah salah satu tugas pokok Polri khususnya Satsamapta dalam rangka melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat yang melaksanakan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum,” tandanya.(yya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.