Gunakan Pakaian Adat Bugis, Kalapas Ampana Pimpin Upacara Peringatan HUT RI Ke 77

Gunakan Pakaian Adat Bugis, Kalapas Ampana Pimpin Upacara Peringatan HUT RI Ke 77.

TOUNA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ampana menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, jajaran pegawai dan Dharma Wanita Persatuan mengikuti kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di lapangan Apel depan Lapas Kelas IIB Ampana.

Dalam upacara ini, Kalapas Kelas IIB Ampana Gunawan selaku Inspektur Upacara menggunakan pakaian adat suku Bugis Sulawesi Selatan. Sedangkan jajaran pegawai dengan mengenakan baju adat nasional lainnya.

Upacara ini diawali dengan Penghormatan kepada sang Merah Putih oleh seluruh Petugas dan Peserta Upacara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi.

Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan langsung oleh Kalapas Kelas IIB Ampana, Gunawan selaku Inspektur Upacara kepada peserta upacara.

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan oleh Kalapas Gunawan nenekankan kepada petugas pemasyarakatan yaitu “seluruh Petugas Jajaran Pemasyarakatan untuk selalu melakukan komunikasi yang baik kepada warga binaan.

“Ayomi dan berikan bimbingan serta didikan kepada mereka, pedomani Pancasila sebagai landasan, senantiasa mengedepankan semangat bhineka tunggal ika, semangat toleransi serta menghindari ujaran kebencian,” harapnya.

Lanjut kata Gunawan, bahwa tugas kalian ini adalah tugas yang penting dan mulia, dimana dengan inovasi dan semangat kerja, petugas pemasyarakatan dituntut untuk menjalin kembali keretakan yang terjadi antara Masyarakat dan WBP.

“Untuk itu, melalui Momentum HUT RI Tahun 2022, jadikan sebagai motivasi dalam meningkatkan pelayanan dan merubah pola pelayanan pemasyarakatan di masa endemi ini dengan berbasis IT, terutama pelayanan terkait pemasyarakatan yang membawa nama baik institusi Kementerian Hukum dan HAM,” pesannya.

Upacara berjalan Lancar dan Hikmat, dengan penuh rasa patriotis seluruh pelaksana dan peserta upacara. Upacara ditutup dengan mengenang jasa para Pahlawan dan doa bersama.*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.