Bawaslu Touna Awasi Tahapan Klarfikasi Anggota Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

Suandi Tamrin Bilatullah, S.I.Kom.

TOUNA – Bawaslu Kabupaten Touna awasi KPU Kabupaten Touna melaksanakan klarifikasi anggota Partai Politik yang ganda eksternal yang belum ditentukan statusnya. Pengawasan ini dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Touna agar KPU Kabupaten Touna menjalankan tupoksinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Touna, Suandi Tamrin Bilatullah, S.I.Kom mengatakan, bahwa sesuai jadwal yang diputuskan KPU tanggal 4 sampai dengan tanggal 5 September 2022, merupakan tahapan klarifikasi anggota Partai Politik yang ganda eksternal yang belum ditentukan statusnya.

“Selanjutnya keluar keputusan KPU Nomor 346  ada perubahan jadwal sampai dengan 8 September, waktu klarifikasi, maka kami Bawaslu melakukan pengawasan di tanggal 5 sampai dengan 8 September,” kata Suandi yang juga Ketua Tim Fasilitasi Pengawasan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024.

Suandi membeberkan, di tanggal 8 September itu, sebagaimana keputusan KPU 346 bahwa akan ada jadwal klarifikasi, tapi pada faktanya tidak ada anggota Partai Politik yang dilakukan klarifikasi, karena tidak ada yang datang.

“Untuk selanjutnya, kami Bawaslu Kabupaten Touna masih menunggu informasi dari KPU kapan tahapan perbaikan akan dimulai. Jadi  sampai hari ini, kita masih menunggu,” bebernya.

Suandi menambahan, terkai pelaksanaan pengawasan, kami menyerahkan rekomendasi kepada KPU, rekomendasinya itu penyampaian saran perbaikan terhadap beberapa prosedur yang kami anggap belum maksimal.*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.